Minggu, 26 Juli 2009

15 Januari 2002 - 22:42 "Laki-laki Tua" Hemingway Meninggal di Kuba Eka Kurniawan

15 Januari 2002 - 22:42

"Laki-laki Tua" Hemingway Meninggal di Kuba
Eka Kurniawan

Nelayan Kuba yang memberi indpirasi bagi novel Ernest Hemingway, "Laki-laki Tua dan Laut", meninggal pada umur 104 tahun. "Segala hal mengenainya tampak tua kecuali matanya dan kedua mata itu memiliki warna seperti lauy," begitu deskripsi Hemingway tentang si Laki-laki Tua.

Gregorio Fuentes merupakan kapten kapal Hemingway, "Pilar" selama tahun-tahu Hemingway tinggal di Kuba, dan mengembangkan satu persahabatan yang erat dengan sang penulis. Sangat jelas bahwa model karakter utama novel peraih Nobel Kesusastraan 1952 itu adalah Fuentes.

Novel klasik ini berkisah tentang perjuangan gila seorang nelayan tua Kuba untuk menangkap ikan secara sempurna. Klimaks buku ini terdapat pada pertarungan tiga harinya melawan seekor ikan marlin yang berhasil ia tangkap, dan berakhir dengan nada ironis khas Hemingway ketika ia berhasil menyeret ikan tersebut ke pantai namun habis digerogoti ikan-ikan hiu.

Dalam kehidupan nyata, Fuentes merupakan kapten dan juru masak Hemingway selama 30 tahun, mengemudikan kapalnya dan mempersiapkan koktil-koktilnya. Ia meninggal di rumah tempatnya selalu tinggal. Ia menderita kangker.

Sang nelayan lahir di Lanzarote di Pulau Canary tahun 1897. Ia berkelana ke Kuba ketika ayahnya, yang merupakan juru masak kapal, meninggal di luar negeri. Fuentes yang baru berumur enam tahun diambil oleh imigran pulau Canary lainnya.

Ia berjumpa dengan Hemingway tahun 1928, dan tahun 1930-an sang penulis menyewa kapalnya. Fuentes teringat saat ketika Hemingway akhirnya kembali ke Amerika Serikat, 1960, setahun sebelum memutuskan bunuh diri. "Jaga dirimu baik-baik sebagaimana kau tahu caranya," ia ingat apa yang dikatakan sang penulis.

Sang nelayan kemudian memberikan kapal "Pilar" kepada pemerintah Kuba. Kapal itu dipajang di depan rumah Hemingway di luar kota Havana. Di tahun-tahun belakangan, Fuentes memperagakan atraksi bagi turis di desa Cojimar, mengenang "Laki-laki Tua dan Laut", di mana ia hidup hampir sepanjang hidupnya.

"Ia merupakan simbol nelayan Kuba dan persaudaraan, terima kasih untuk seluruh tahun-tahun persahabatannya dengan Hemingway," kata temannya, Jose Miguel Diaz Escrich.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar